CORPORATE GOVERNANCE, RASIO KESEHATAN BANK DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Tercatat di BEI Tahun 2015-2018)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

admin Penerbit Goodwood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR (Capital Adequacy Ratio) , NPL (Net Performing Loans), LDR (Loans to Deposit Ratio), BOPO (Beban Operasional pada Pendapatan Operasional), proporsi dewan komisaris dan ukuran dewan direksi  terhadap Profitabilitas Perbankan di Indonesia. Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan periode pebelitian tahun 2015 sampai dengan 2018. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2018. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian sebanyak 120 Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 22  for Windows. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa CAR mempengaruhi profitabilitas bank (ROA) secara positif. NPL, LDR, dan ukuran dewan direksi mempengaruhi profitabilitas bank (ROA) secara negatif, sedangkan BOPO dan proporsi dewan komisaris independen tidak mempengaruhi profitabilitas bank (ROA).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Penerbit Goodwood, admin. (2020). CORPORATE GOVERNANCE, RASIO KESEHATAN BANK DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Tercatat di BEI Tahun 2015-2018). Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 59-76. Retrieved from https://penerbitgoodwood.com/index.php/Jusiam/article/view/70