FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

admin Penerbit Goodwood

Abstract

Penerimaan pajak diperoleh negara salah satunya dari perusahaan. Perusahaan sebagai salah satu wajib pajak mempunyai kewajiban untuk membayar pajak yang besarnya dihitung dari laba bersih yang diperolehnya. Semakin besar pajak yang dibayarkan perusahaan, maka pendapatan negara semakin banyak. Pajak yang dibayar oleh perusahaan didasari dari perolehan laba perusahaan itu sendiri. Hal ini menjadi sebuah dilema bagi manajemen dan pemilik perusahaan, karena pajak secara langsung mengurangi pendapatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji profitability, leverage, size, capital intensity, kualitas audit terhadap terhadap tax avoidance perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian sampel purposive sampling sebanyak 11 perusahaan dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian profitability, leverage, size, capital intensity, kualitas audit  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.dan secara persial Size perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Profitability, leverage, capital intensity dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Tax avoidance dapat dijelaskan oleh variabel profitability, leverage, size, capital intensity 17,4% dan 82,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Penerbit Goodwood, admin. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 53-58. Retrieved from https://penerbitgoodwood.com/index.php/Jusiam/article/view/69